Sabtu, 02 Juni 2012

Google Luncurkan Pemendek URL

Google Luncurkan Pemendek URL


Saat ini banyak layanan pemendek URL yang beredar di ranah maya. Sebut saja Tiny UR, bit.ly, atau pendek.in (versi Indonesia). Nah, terhitung mulai Senin (14/12) lalu, dua pemendek URL anyar telah hadir. Masing-masing pemendek URL tersebut dirilis oleh Google dan Facebook. Pemendek URL besutan Google, yaitu goo.gl, akan tersedia melalui Toolbar Google dan layanan Feedburner RSS. Domain .gl di sini berarti Greenland. Sementara fb.me, pemendek Facebook sengaja didesain untuk perangkat mobile.

Kepopuleran pemendek URL dimulai sekitar 18 bulan lalu lewat layanan bernama TinyURL dan bit.ly. Untuk bit.ly saat ini sudah menembus angka 75 persen dari seluruh pemendek URL yang disirkulasikan pada platform mikroblogging. Bulan lalu, bit.ly berhasil memendekkan lebih dari dua juta link, naik 11,8 juta dari tahun lalu.
“Kami kira, orang akan mendapat keuntungan dari pemendek link ini. Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan kecepatan dan kemudahan untuk membagi atau mem-posting sebuah link. Namun kami tetap akan mengembangkan infrastruktur global Google untuk menawarkan keuntungan lain, seperti stabilitas, keamanan, kecepatan,” jelas Google melalui sebuah blog yang memerkenalkan layanan baru tersebut. (Indah PM/telegraph)
sumber: news google

0 komentar:

Posting Komentar