Kamis, 07 Juni 2012

Mengatasi Komputer Mati Waktu Dihidupkan

Mengatasi Komputer Mati Waktu Dihidupkan

Mengatasi Komputer Mati Waktu DihidupkanKemarin malam aku mengutak atik komputer kesayangan yang sudah berumur alias "komputer jadul" dengan tujuan untuk membersihkan debu-debu yang nempel di dalam CPU. Setelah beberapa lama berlalu akhirnya selesai juga membersihkan sudut tiap sudut yang ada di dalam komputerku, termasuk kipas yang ada diatas processor tak luput juga aku sikat sampai bersih. Namun setelah aku bersihkan ternyata terjadi tragedi yang tidak di inginkan.... apakah itu...? komputerku gak bisa booting dengan sempurna, yaitu baru berjalan sekitar 1(satu) menit tiba-tiba komputer mati tanpa permisi.

Rasa panik di iringi bingung di tambah lagi penyesalan (kenapa tadi aku bersihkan) pun muncul di benakku sampai - sampai aku gak bisa tidur lho... "banyak nyamuk, wekekekek". Pagi menjelang, habis subuh perjuangan aku lanjutkan untuk mengobati rasa penasaran, kenapa ya koq bisa begini...?, aku coba copot semua yang menempel di motherboard dan yang tersisa hanya power supply, aku hidupkan power supply tersebut ternyata tidak ada masalah, tapi setelah kabel power aku pasang di motherboard masalah pun akhirnya mulai aku temukan, yaitu baru beberapa saat tombol power di hidupkan komputer langsung langsung mati.

Karena masih belum menemukan solusi, aku mecoba mencarinya di dunia maya (dunia yang penuh akan wacana dan ilmu pengetahuan) dan akhirnya mendapatkan informasi tentang "Komputer tiba-tiba mati (Tidak mau menyala)", di situs tersebut aku mendapatkan tips, dan aku coba satu persatu termasuk mengganti baterai yang sudah berumur lebih dari tiga tahun. Waktu aku beli baterai tersebut aku iseng-inseng tanya, tentang kasusku tadi dan jawabannya ternyata enteng lho... "coba mas cek kipas yang ada di atas procesornya, biasanya kalau di hidupkan terus mati, problemnya ada di kipasnya".

Setelah membeli baterai dan mendapatkan tambahan info tersebut langsung saja aku coba, ternyata apa yang terjadi.... MASIH BELUM BISA, ternyata hal tersebut terhadi karena posisi kipas yang aku pasang di atas processor tersebut posisinya tidak pas dan panel penguncinya tidak tertanam dengan kuat. Setelah memperbaiki kesalahan kecil tersebut yaitu posisi kipasnya harus pas dan betul, dan panel penguncinya sudah tertanam kuat dan tidak bergoyang, Alhamdulillah komputerku akhirnya bisa booting dengan normal dan bisa digunakan lagi untuk menjalankan bisnis online yang aku ikuti.

Jadi itu tadi pengalamanku setelah utak atik komputer yang ternyata menemukan masalah, dan ternyata memang betul semua masalah pasti ada solusinya tergantung dari kita, mau berusaha untuk mencarinya atau tidak. Dan sekedar mengingatkan kalau mau membersihkan CPU cobalah dilakukan dengan tidak tergesa-gesa, dan jika Anda mau membesihkan secara keseluruhan maka Anda harus ingat posis-posisi yang Anda lepas sebelumnya, ya.... untuk mengantisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan. *Just Sharing Friend*

2 komentar:

  1. jasa service komputer panggilan

    Hub : 081294209696
    Email : bilawal.rifai96@gmail.com
    Website : Http://www.mataharikomputer.com
    alamat : Jl. Pasir No.72G Ciganjur Jakarta Selatan

    BalasHapus
  2. Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696





    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    BalasHapus