Rabu, 06 Juni 2012

Inilah Pengakses Internet Di Indonesia


Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia semakin berkembang cepat. Indonesia memiliki populasi besar pengakses internet. Di jagat media sosial, Indonesia dikenal sebagai salah satu yang paling aktif sejagat.

Effective Measure, sebuah lembaga pencatat traffic internet, menemukan sejumlah keunikan pengakses internet dari Indonesia. Menurut lembaga yang berbasis Melbourne, Australia, itu, pengakses internet di Indonesia mayoritas berumur 25 sampai 30 tahun, yakni sekitar 25 persen.

Robin Muliady, Senior Business Development Manager Effective Measure-Indonesia, mencatat selama bulan Januari 2012, terdapat 36 juta unique browser di Indonesia. Dari jumlah itu, 10,3 persen diakses dari mobile phone.

"Sebagian besar pengakses adalah pria, 70,95 persen," kata Robin dalam presentasi dalam Annual Meeting Media Online yang digelar Aliansi Jurnalis Independen di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis 23 Februari 2012.

Kemudian 38,93 persen pengakses berpenghasilan kurang dari US$500 per bulan, 16,2 persen berpenghasilan antara US$501 sampai US$1.000. Kemudian 12,7 persen tak mau menyebutkan penghasilannya.

Dari segi usia, pengakses terbanyak dari usia 25-30 tahun (25,88%), 21-24 tahun (16,17%), 35-40 tahun (15,5%) dan 31-34 tahun (14,72 persen.

Kemudian 67 persen pengakses berpendidikan sarjana, kemudian diikuti sekolah menengah atas (20,8%), dan sarjana strata 2 ke atas (10,18%).

Kemudian 50,48 persen telah menikah, yang lajang 44,68 persen, dan 1,64 persen bercerai.

Di Asia Tenggara, Indonesia juga juara dalam hal mengakses melalui mobile phone. Dari 100 persen pengakses, 65 persen menggunakan mobile phone. Di posisi berikutnya Singapura (64%) dan Thailand (46,8%).

Indonesia dikenal sebagai pengakses internet yang paling getol mencari informasi. Dari 100 persen pengakses, 67 persen merupakan pencari informasi. Sementara Filipina 66,77 persen dan Malaysia 64,53 persen.

Soal pencarian informasi ini, angka pertumbuhan pengakses untuk media berita lokal mencapai 20,56 persen, sementara untuk media berbahasa Inggris 18,35 persen. Untuk Januari, Effective Measure menemukan ada 6.915.360 unique browsing untuk media berita.

Indonesia juga juara dalam hal mengakses melalui mobile phone. Dari 100 persen pengakses, 65 persen menggunakan mobile phone. Di posisi berikutnya Singapura (64%) dan Thailand (46,8%).

Lalu apa konten yang paling banyak diakses di Indonesia? Pada Januari 2012, Effective Measure mencatat sebagai berikut:
1.   Hiburan
2.   Gaya hidup
3.   Teknologi
4.   Forum/Blog
5.   Travel
6.   Bisnis
7.   Olahraga
8.   Sepakbola
9.   Kesehatan & Kecantikan
10. Otomotif
(sumber)

0 komentar:

Posting Komentar