Selasa, 05 Juni 2012

Contoh Soal Kesetimbangan Benda Tegar


1.  Mungkinkah sebuah benda tidak berada dalam keadaan seimbang walaupun gaya totalnya = 0 ? (level 1)
2.  Salah satu ujung tangga disandarkan pada tembok dan ujung yang lain diletakkan pada lantai. Kapan tangga lebih mudah tergelincir, ketika seseorang berdiri di dekat dasar tangga atau di puncak tangga ? (level 1)
3.  Sebuah papan jungkat jungkit terdiri dari papan 4 meter yang dipasak di pusatnya. Seorang anak bermassa 20 kg duduk di salah satu ujung papan. Di manakah seorang anak yang bermassa 40 kg harus duduk agar papan jungkat jungkit berada dalam keseimbangan ? (level 2)
4.  Sebuah papan iklan bermassa 20 kg ditahan oleh balok yang bermassa 15 Kg. Tentukan gaya tegangan tali dan gaya yang dikerjakan oleh penopang pada balok… (level 2)
soal-benda-tegar-a
5.  Sebuah lampu lalu lintas bergantung pada tiang penyanggah yang memiliki panjang 8 meter dan massa 10 kg. Jika massa lampu = 14 kg, tentukan tegangan tali yang menahan tiang dan komponen horisontal dan vertikal dari gaya yang diberikan oleh titik tumpuh pada pada tiang penyanggah… (level 2)
soal-benda-tegar-b
6. Ujung atas kedua penopang dihubungkan dengan engsel. Jika alas penopang berdiri di atas lantai tanpa gesekan, tentukan tegangan tali… (level 2)
soal-benda-tegar-c
7. Massa tiang penopang yang membentuk sudut 60o terhadap lantai = 50 kg. Tentukan gaya tegangan tali… (level 2)
soal-benda-tegar-d
8. Tentukan gaya yang bekerja pada kedua penopang… (level 2)
soal-benda-tegar-e
9. Massa tangga = 40 kg, panjang tangga = 6 meter. Berapa koofisien gesekan minimum antara balok dengan lantai sehingga tangga tidak tergelincir… (level 2)
soal-benda-tegar-f
10. Agar sistem berada dalam keadaan seimbang, tentukan massa benda A, benda B dan benda C… (jangan bingung dengan ukuran keempat benda di bawah. Ukuran dan warna keempat benda sama tapi terbuat dari bahan yang berbeda)…  (level 2)
soal-benda-tegar-g
11.  Berapakah gaya F minimum yang diperlukan untuk menarik roda dengan jari-jari R dan massa M untuk menaiki tangga setinggi h…  (level 2)
soal-benda-tegar-h

0 komentar:

Posting Komentar